Cuplikan SET-Kunci Selanjutnya untuk Keorganisasian FoSSEI Yk




Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT yang selalu memberikan nikmat, hidayah dan berkah. Tak lupa shalawat dan salam kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW . Syukur Alhamdulillah, akhirnya short story mengenai agenda tahunan Sharia Economist Training (SET) selesai tersusun  dan sampai pada pembaca sekalian. Awal menyusun ini hanya akan ditulis di ms.word dan hanya akan menjadi bacaan pribadi, namun dihari terakhir SET ada satu orang request untuk ditulis disosial media.
SET merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh FoSSEI (Forum Silaturrahmi Studi Ekonomi Islam) dimana agenda tersebut diperuntukkan bagi anggota baru FoSSEI, isi dari agenda tersebut secara garis besar pengenalan FoSSEI, ekonomi islam dan membahas berita yang sedang ‘hits’ di ranah ekonomi. Di tahun ini 2013 SET diadakan di Wisma PUAS jalan kaliurang kilometer dua puluh tiga, tepatnya setelah taman bermain kaliurang dekat telaga putri.
 Sebelum cerita panjang lebar apa yang terjadi ketika SET, ijinkan saya bercerita apa yang terjadi sebelum SET. Tanggal 6 Desember pukul 23.00 mata masih betah menatap layar flat ber-keyboard, otak ini masih memikirkan hal yang harusnya sudah tak dipikirkan, tapi masih dipaksa untuk menyusun huruf demi huruf untuk karangan essay yang harusnya kemarin sudah dikumpulkan melalui email kepada pak Presiden KSEI FE UII sejak tanggal 5 lalu.
Paginya seperti rutinitas sehari-hari…jalan apa adanya…teman-teman KSEI yang akan mengikuti SET sudah berkumpul sejak pukul sembilan pagi tadi, sebenarnya mereka tinggal berangkat, mereka setia, setia menunggu teman yang belum datang. Aku termasuk orang yang ditunggu, maklum rumah-kampus tak sedekat ibujari dan telunjuk tangan dan tak hanya aku satu lagi yang ditunggu, mas Faiq, konon rumahnya jalan magelang lebih jauh dari rumahku-kampus.
Sebelum berangkat  ke TKP, Saya dikirimin pesan singkat dari mbak Detari (peserta SET-KSEI IESC). Isi pesan tersebut sebagai berikut...
Rundown acara Sharia Economist training (SET)
Sabtu 7 Desember 2013
10.00 Registrasi ulang & penempatan kamar
11.30 isho
12.30 pembukaan dan sosialisasi GRES!
13.15 ke-FOSSEI-an
14.45 shoma
15.15 materi inti (seminar)
17.15 ashoma
19.00 pembagian kelompok SGD
19.30 keakraban
20.00 SGD
22.00 istirahat
Ahad 8 Desember 2013
03.00 sholat tahajjud
04:00 sholat subuh
04.45 jelajah kaliurang
06.00 sarapan & mandi
07.30 persiapan FGD
08.00 FGD
10.30 pembacaan notulensi FGD
11.00 ishoma
12.00 persiapan
12.15 sosialisasi KTA
12.45 motivasi
14.15 presentasi tuan rumah temilreg
14.30 Penutupan & pembagian peserta terbaik
***
Dari awal pendaftaran aku sangat berharap bertemu sebuah KSEI yang saya idam-idamkan ketika SMA, tapi sayang seribu malang Saya tak menjumpai satupun orang dari KSEI tersebut. Sesampainya disana, Arsy teman satu KSEI bertemu teman sekolahnya dulu, seketika terlintas feeling ‘aku juga bakal bertemu dengan seseorang yang sangat aku kenal kapan itu, entah siapa’.
Ketika acara pembukaan saya menemukan jaket bertuliskan nama organisasi yang  saya kenal bertuliskan ‘rohis darussalam’ itu nama rohis ketika SMA, pemakai jaket itu laki-laki, nah itu Anam mahasiswa UNY alumni SMA N 5. Setelah acara pembukaan selesai ada seseorang yang memanggil nama sapaan akrab jaman SMA. Kepala ini reflek menoleh…dan ternyata itu Difa-Dipol (panggilan akrab SMA)
***
Sore hari…ada semacam wangsit alias felling yang bilang kalo satu kelompok dengan orang yang dikenal...nah bener...gak lama dari wangsit itu muncul suara sapaan orang dan berkata 'Het, G se SGD sm L' iwow segitunya wangsitnya tepat-_-haha.did you know?who?  temen SMA.
***
Malamnya…
waktunya SGD...
Sebelum SGD tangan gak sengaja ‘nyamplak’ gelas yang dibawa seseorang yg akan menuangkan teh dari jumbo kedalam gelas itu, namun sayang Tuhan berkehendak lain, mungkin Tuhan ingin suasana berbeda terutama suasana bagi sang penyamplak, Tuhan meminta pecahkan gelas itu …agar…suasana ramai…dan benar adanya......taraaaaa gelas itu pecah
SGD itu S*bla-bla* Group Discussion ajang tukar pikiran, saling transfer ilmu saling berargumentasi satu sama lainnya gitu, disini SGD isinya sepuluhan orang dari KSEi yang berbeda-beda. dan tema yang diangkat dalam SGD ini adalah AEC 2015, apa itu? selengkapnya googling ajah :p
***
 habis SGD malemnya ituu.jam tangan menunjukkan pukul 10 malem, udah disuruh tidur sama panitia...diem-diem aku dan Fatma gak langsung ke kamar. tapi ngapain?ke angkringan.whehe. ngapain tuh?ngeteh dan nyamil pren,hahaha. berasa peserta yang abnormal itu berdua ini yang lain udah persiapan tidur dan udah ada yang tidur e ini malah cari-cari masalah. di angkringan berkesan banget, aku pesen teh gula batu dan camilan canguk. tau canguk? canguk itu kacang benguk. yaa kacang kedelai yang di iris tipis-tipis terus digorengin ituh, rasanya gurih aku suka karena itu makanan jaman TK ~(','~) .
***
pagi yang cerah untuk tanggal baru di bulan penghujung tahun 2013 ini...di jadwal 04.45 itu jelajah kaliurang,  nah biasalah jam Indonesia itu ada bahan elastisnya jadi ya ngaret...jam buat jelajah eh masih ada yang nyenyak tidur :p hayo ngaku yang masih bermesraan dengan kasur jam segitu~.lanjuuut...jelajah kaliurang muter-muter sak konyong-konyong e sak kesel-sesel e sak mentok-mentok e lah, sek penting kabeh seneng*smile terlebar* 
Dijalan menuju jalan jalan papasan sama mas-mas panitia dan pengurus IESC, taraaa sebelah ini hasil jepretan narsis ketika bertemu dengan yang namanya,
KA-ME-RA-____-udah ritual kalo ketemu benda itu kudu FO-TO
Foto pertama: dari kiri ke kenan-atas kebawah--mas Saddad, mas Bondan, mas Futhu, mas Fikri, Heti, mbak detari, mbak Novi, mbak Riri, Fatma, Arsy.
Foto kedua: dari kiri ke kenan-atas kebawah--mas Eko, mas Bondan, mas Futhu, mas Fikri, Heti, mbak detari, mbak Novi, mbak Riri, Fatma, Arsy.
 lagi-lagi aku dan Fatma nyari sesuatu yang beda. setelah naik ke arah merapi (tapi belum sampai ke merapinya lo) dengan Arsy, mbak Riri, mbak Novi, mbak Detari. Kita (aku dan Fatma) berencana jalan-jalan lagi, kata dan tanya Arsy 'gak capek apa dari atas sana mau jalan-jalan lagi' yaah timpal Kita cuma cengengesan mumpung dan mumpung disini cari pengalaman yang beda.
***
acara selanjutnya... FGD (Focus Group Discussion) masih bahas tema yang sama kayak tadi malem. tapi sekarang gak cuma berisi sepuluhan orang berpuluh-puluh, karena FGD disini gabungan dari SGD-SGD yang semalem.
di FGD ini penyimpulan yang didiskusikan semalem terus di gabung dan dinotulensikan.
pas FGD ini aku diminta yang membacakan notulensi kelompok SGDku awalnya mbak yang dari UNY itu (lupa namanya ._.v aha mbak Atin ) entah kenapa bisa jadi aku karena katanya aku yang tau, padahal aku gak tau apa-apa kikuk banget waktu disitu. apalagi disuruh mengungkapkan ide gagasan didepan umum masih grogian dan masih perlu belajar banyak. yaudah anggap saja ini ajang pembelajaran bagi aku, tsaaah~nyebainya kalo grogi muncul kata' eee' dan 'apa itu namanya' pfffft itu menyebalkan sekali-____-emang beneran perlu giat belajar tak kenal lelah, hedeh-_-
***


setelah pembacaan notulensi, sayang gak semua kelompok dibacain hasil diskusinya katanya mau di publish di webnya fossei aja gitu, yasudah...dan kau tau?kelompokku menjadi kelompok terakhir yang notulensinya dibacakan didepan umum
acara selanjutnya presentasi tuan rumah temilreg....yuhaa siapakah tuan rumahnya?yap...IESC kelompok studinya FE UII selamat yaaw semangat buat panitia :D/ *sorakpakaipompom*
then....penutupan
eh waktu itu hujan lebat singgah dikamar untuk mengagendakan momen
taraaaaa~ ini teman-teman sekamarku. aku mau ngenalin siapa saja ini di foto tapi maaf mendadak ada yang lupa namanya.___. perlu diingat-ingat dulu huhu :'
 foto satu dan dua dari kanan ke kiri : Mbak Indri (UNY), lupa nama (STEIYO), Meita (UNY), lupa nama (STEIYO), Aku
foto tiga dan empat dari kanan ke kiri : Aku, Mbak Indri (UNY), lupa nama (STEIYO), lupa nama (STEIYO), Meita (UNY)

selanjutnya diagendakan memotret momen bersama para beberapa pengurus dan beberapa anggota IESC~














sekian short story dari Saya, kurang lebihnya mohon maaf sampai berjumpa lagi pada episode cerita yang lain... *smile*

Komentar