Kiat-kiat Mengatasi Terlambat

Halo teman, diakhir penghujung kelas 11 ini. Heti mau share dulu mengenai tugas yang diberikan guru gegara terlambat datang PM (red: Pendalaman Materi), simak boleh yuuk x))

mulai kelas sebelas siswa wajib mengikuti PM alias pendalaman materi guna memperdalam materi yang belum dikuasai. mulai semester dua siswa kelas sebelas yang terlambat mengikuti PM diwajibkan membuat karangan tentang kiat-kiat mengatasi terlambat
Hal-hal yang mengakibatkan terlambat berangkat sekolah diantaranya :

-          Keteledoran
-          Bangun kesiangan
-          Kecelakaan
-          Motor macet
-          Ban bocor
-          Kehabisan bensin
-          Menunggu bis/yang anter
-          Menunggu bekal karena belum sarapan
-          Terkena “gejala pagi”
-          Ada yang ketinggalan jadi perlu balik lagi kerumah
-          Dan yang klasik dan sering terjadi yaitu kesiangan
-          Masih asyik bermalas-malasan bangun
 Hal-hal tersebut terjadi karena pada intinya kurang persiapan yang maksimal

Menurut saya kiat-kiat mengatasi terlambat diantaranya : 
  •     Mengurangi tidur malam, selain paginya dapat mengakibatkan terlambat sekolah juga dapat menimbulkan adanya jerawat kata ibu saya 
  • Menambah stamina dengan istirahat cukup dan makan makanan sehat dengan teratur
  • Mempersiapkan segalanya dari awal dengan matang 
 Tidak sedikit pelajar yang sering dicap sering telat, sehingga terkadang predikat sifat itu menempel pada siswa tersebut dari awal kelas satu sampai akhir kelas tiga, yang membahayakan adalah jika sifat tersebut tidak juga berubah sampai setelah ia lulus. Yang pasti tidak semua pelajar yang  memiliki sikap seperti itu. nah berikut beberapa tips yang sering mengalami kesulitan untuk datang tepat waktu alias terlambat sehingga membuat guru BK angkat bicara, berikut beberapa tipsnya :


1. Mempersiapkan diri 1-2 jam lebih awal dari biasanya.
berlatih lah memperkirakan jumlah waktu yang kamu butuhkan untuk bersiap-siap, misalnya dari rumah hingga perjalanan ke lokasi tujuan. Jika, kamu termasuk orang yang sering terlambat dalam bersiap-siap, mulai dari mandi, dandan, dsb, maka kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan mencoba berlatih mempersipakan diri 1-2 jam sebelum kegiata tersebut berlangsung
Bahkan, kamu bisa mulai mempersiapkan hal-hal sederhana seperti tas, pakaian, atau sepatu yang akan kamu kenakan di malam hari sebelum tidur. Jadi ketika esok hari kamu terlambat bangun, tidak perlu tergesa-gesa menyiapkan barang bawaan.

2. Disiplin membuat jadwal secara detail
adanya jadwal yang kamu buat membantu dapat mencegah kamu melupakan sesuatu yang akan dibawa atau yang akan dikerjakan. ingat! jangan asal buat jadwal, tapi disiplin lah mengikuti jadwal yang sudah kamu tetapkan.

3. Memanfaatkan fungsi pengingat (reminder)
yang perlu kamu ketahui Handpone merupakan barang elektronik yang tidak dapat dilepaskan dari kita sebagai pelajar. disetiap handphone jadul sekalipun ada tersedia fitur reminder / alarm sechedule. nah kamu dapat memanfaatkan fitur reminder yang ada di handphone  tersebut secara optimal untuk membantu kamu dalam mengingatkan tugas atau janji-janji yang telah kamu jadwalkan.
sebenarnya ada juga cara lain yaitu tuliskan janji /jadwal atau tugas yang hendak kamu lakukan pada sebuah kertas dengan warna-warna cerah dan tempelkan pada benda yang sering kamu lihat atau gunakan. Misalnya laptop, meja belajar, atau mungkin pintu kamar dsb
kalau kedua cara diatas masih tidak mempan juga kamu bisa manfaatkan orang-orang terdekat untuk menjadi remindermu seperti orangtua, kakak, adik, pacar, teman, bahkan pembantu di rumahmu.

4. Usahakan datanglah lebih awal
datang lebih awal, memiliki manfaat tersendiri, yakni kamu punya  waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri. contoh : jika Seandainya tiba tiba terjadi perubahan mendadak, kamu juga dapat mengantisipasinya. seperti terjadinya perubahan lokasi atau janji ketemuan yang ternyata dimajukan lebih awal.

5. Cam kan baik baik “keterlambatanmu akan mempengaruhi orang lain”
kamu harus belajar dan berlatih untuk peduli dengan keterlambatan, karena keterlambatan dapat mempengaruhi atau bahkan menghambat aktivitas orang lain.

Komentar